Akan Ada Kebijakan Bagi Kendaraan Korban Tsumani Selat Sunda, Akan Di Kenakan Asuransi Asalkan…

Dukacita kembali dirasakan Indonesia, setelah tsunami anyer menerjang wilayah pantai di Selat Sunda, di antaranya di lima kabupaten, yaitu Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus, dan Pesawaran Sabtu malam.

Hingga berita ini diturunkan, setidaknya tercatat 281 orang meninggal dunia, 1.016 orang luka-luka, 57 orang hilang, dan 11.687 orang mengungsi.

Akibat bencana tsunami, selain korban jiwa, kerusakan material juga cukup besar. Bahkan,banyak sekali kendaraan roda dua maupun roda empat tersapu air laut.
“Lebih tepatnya, aset yang terkena dampak bencana bisa diganti dan di-cover oleh asuransi, tapi pastikan asuransinya ada jaminan terhadap risiko gempa bumi dan lain-lain,” ucap Iwan.

Artinya, agar aset mobil atau motor Anda aman jika terjadi hal yang tak seperti terkena bencana alam. Maka Anda tak hanya meng-cover mobil atau motor dengan asuransi Total Loss Only (TLO) atau komprehensif.
Sebaliknya, Anda perlu melakukan perluasan jaminan polisi, yang biasanya dapat juga mengkaver kerusuhan, huru-hara, hingga bencana alam lainnya, termasuk gempa bumi dan tsunami.

Berdasarkan situs resmi Asuransi Astra, jenis asuransi bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saat ini ada dua jenis asuransi yang bisa Anda pilih untuk dipakai, yaitu:

1. Total Loss Only

Secara definisi Total Loss Only artinya “hanya kehilangan total”. Dalam asuransi mobil, yang dimaksud dengan kehilangan total adalah biaya perbaikan untuk kerugian yang terjadi nilainya lebih dari 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian, serta menjamin kerugian apabila kendaraan hilang dicuri.

2. Comprehensive

Comprehensive dapat diartikan keseluruhan risiko. Ini berarti perusahaan asuransi akan membayar klaim untuk semua jenis kerusakan, mulai dari yang ringan, rusak berat, hingga kehilangan.

Agar perlindungan terhadap mobil lebih optimal, Anda bisa menambahkan perluasan jaminan dalam polis asuransi Anda.

Berapa yang harus ditambahkan untuk perluasan jaminan, berdasarkan situs Asuransi Central Asia ada sejumlah kategori berdasarkan harga mobil. Aca.co.id mencontohkan jika pemilik kendaraan tinggal di Jakarta memiliki mobil seharga Rp 400 juta dengan asuransi All Risk dari Asuransi Central Asia, besar premi dasar yang harus dibayar adalah Rp 6.019.200.

Namun Anda menambahkan perluasan perlindungan gempa, terorisme, banjir, dan kerusuhan. Maka besarnya premi secara keseluruhan yang harus di bayar adalah: untuk perluasan gempa, vulkanik letusan dan bencana tsunami: 0,1 persen x Rp 400 juta = Rp 400 ribu. Kemudian untuk perluasan jaminan kerusuhan, mogok, kerusakan: 0,05 persen x Rp 400 juta = Rp 200 ribu. Selanjutnya perluasan untuk terorisme dan sabotase: 0,05 persen x Rp 400 juta = Rp 200 ribu. Terakhir perluasan typhoon, badai, banjir, air kerusakan: 0,1 persen x Rp 400 juta= Rp 400 ribu. Sehingga total Premi Perluasan Perlindungan adalah Rp 1,2 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *