Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Kuku Juga Menjauhkan Dari Penyakit

untuk kita perhatikan? Sebagai bagian dari organ tubuh kita, justru kesehatan kuku harus terjaga, mengingat tangan sering berinteraksi dengan berbagai benda dan area tubuh lainnya, yang mungkin bisa saja menjadi penyebaran kuman dan bakteri ke dalam tubuh kita.

Bahkan untuk menjaga kesehatan kuku pun tidak seribet apa yang kita bayangkan kok. Cukup saja kita mengikuti beberapa informasi perawatan ini atau menjaga kesehatan kuku kita.

Bahkan kuku juga bisa mencerminkan keadaan kondisi kesehatan kita juga secara umum. Perubahan pada kuku, seperti perubahan pada warna atau penebalan, dapat menandakan bahwa masalah kesehatan termasuk penyakit hati dan ginjal, kondisi jantung dan paru-paru, anemia, serta diabetes.

Informasi beberapa cara agar terjaga kesehatan kuku kita.

 

Informasi beberapa cara agar terjaga kesehatan kuku kita.

  • Memotong kuku dengan benar

Memotong kuku rutin seminggu sekali perlu menjadi ritual yang diterapkan secara rutin. Tanpa kamu sadari kuku yang panjangnya sudah melewati maksimum ideal ukuran kuku dapat menyimpan bakteri dan kuman yang berbahaya. Tidak hanya untuk kesehatan kuku dan jari saja, kuman yang mengendap di kuku memungkinkan penyebaran penyakit lewat interaksi tangan ke mulut ataupun ke mata

  • Merendamkan jari-jari tangan menggunakan air hangat

Cara lainnya untuk menjaga kesehatan kuku adalah dengan merendam jari-jari tangan kedalam rendaman air hangat yang sudah dicampur garam. Komposisi ini tidak hanya bisa membersihkan kuku secara natural tetapi juga memberikan efek relaksasi sehingga kuku tidak mudah stres dan tumbuh lebih kuat. Untuk alternatifnya, kamu bisa menggosokkan irisan lemon ke kuku supaya tampil bercahaya dan tumbuh lebih solid.

  • Menggunakan Kutek

Lapisan kutek membantu melindungi kuku dan menjaga sel-sel kuku tetap kuat. Namun Stern merekomendasikan formula cat kuku yang tak mengandung dibutyl phthalate, toluene, formaldehyde, kamper, dan bahan kimia formaldehyde resin. Jangan lewatkan pula pemolesan base coat dan topcoat, karena keduanya memberikan lapisan perlindungan tambahan untuk kuku.

  • Menggunakan sarung tangan ketika mencuci piring

Jangan biarkan tangan terpapar lama terkena air. Menurut Stern, kuku menyerap air lebih cepat daripada kulit. “Ketika air secara konstan bergerak masuk dan keluar kuku, air itu memberikan ketegangan luar biasa pada sel-sel kuku yang lembut,” jelasnya. Terlalu banyak kontak dengan air dapat menyebabkan kuku jadi lemah dan lunak sehingga rentan jadi patah.

  • Mengubah Pola makan sehari-hari

Sel-sel kulit kaya akan protein keratin. Menambahkan protein pada pola makan dapat menjadi penguat kuku. Tambahkan pula makanan kaya biotin seperti telur, kacang-kacangan, almon, salmon.
Kuku lemah biasanya merupakan hasil dari faktor genetika. Jika kuku tampak rapuh, bisa saja itu gejala dari masalah kesehatan yang lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *