Beberapa Cara Yang Harus Kita Lakukan Ketika Terhubung Wifi Publik Agar Menjaga Keamanan Privasi Kalian

Di jaman yang serba modern dan kekinian ini internet pun adalah pokok atau sebuah keharusan dimana saja dan kapan saja. Bahkan kamu sendiri tidak mau menghabiskan banyak data seluler untuk keperluan berselancar di dunia maya. Kamu hanya ingin mencari sambungan internet gratis untuk menghemat budget data selulermu.
Salah satu cara praktis dan paling mudah untuk memperoleh jaringan internet yakni wifi. Bahkan rentannya wifi gampang di masukan oleh hacker sehingga data dan informasi pribadimu dapa diambil atau perangkatmu dapat dengan mudah terkena virus.

Untuk itu kalian mungkin tidak ingin mengalami hal hal tersebut. Maka dari itu kami menginformasikan beberapa yang harus kalian lakukan ketika tersambung dengan wifi publik agar tetap aman dan tetap terjaga.

Beberapa Cara Yang Harus Kita Lakukan Ketika Terhubung Wifi Publik Agar Menjaga Keamanan Privasi Kalian

Berikut inilah langkah yang harus kalian ketahui ketika terhubung dengan wifi publik.

  • Perhatikan nama Wifi

Nama wifi juga penting saat kamu mencoba mengkoneksikan perangkatmu ke wifi publik. Para hacker biasanya menggunakan nama wifi yang mirip dengan wifi asli di tempat tersebut untuk menjebak korbannya.

Jadi jika kamu menemui dua atau lebih nama wifi yang mirip lebih baik tidak usah sambungkan perangkatmu, atau tanya langsung pada si pemilih wifi mana jaringan wifi yang benar.

  • Gunkanlah keamanan tambahan kata sandimu

Biasanya, ada fokus yang jauh lebih besar pada privasi online. Banyak jenis keamanan tambahan untuk memastikan jaringanmu tetap aman, seperti Tor, VPN, dan DoNotTrack. Dalam masalah keamanan wifi publik, kamu mungkin akan menemukan beberapa ekstensi yang berguna untuk memaksa jaringanmu terenkripsi pada situs web yang tidak dienkripsi secara default.

Selain itu jangan lupa untuk mengamankan kata sandimu. Kamu bisa mengenskripsi kata sandimu untuk menjaga kerahasiaannya.

Enkripsi adalah suatu metode yang digunakan untuk mengkodekan data sedemikian rupa sehingga keamanan informasinya terjaga.

  • Menyambungkan secara manual

Pastikan bahwa kamu harus memilih sendiri jaringan Wi-Fi di laptop, tablet, atau ponselmu. Sebisa mungkin jangan hubungkan jaringan Wifi secara otomatis.

Kamu harus memastikan bahwa telah mengklik pilihan “lupa jaringan” atau “forget network” jika telah selesai menggunakan wifi publik tersebut untuk menghindari pengambilan informasi perangkatmu saat kamu kembali ke tempat tersebut.

Kamu juga perlu mematikan Wi-Fi sharing atau yang biasa dikenal dengan tethering ketika jaringan wifimu sudah tidak digunakan lagi. Hal ini untuk meminimalisir tindak kejahatan oleh hacker terhadap jaringan internetmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *