Gempa Bumi 6,5 SR di Laut Lepas Halmahera

Gempa Bumi 6,5 SR di Laut Lepas Halmahera – Tak Berpotensi Tsunami tidak habis habis indonesia di serang oleh bencana alam yang datang begitu banyak, belum selesai satu, sudah datang lagi bencana yang lainnya. Seperti yang sudah diketahui bahwa, pada senin, 07 januari 2019 telah terjadi gempa di laut lepas Halmahera pada pukul 00:27:18 WIB, Maluku Utara dengan kekuatan magnitudo 6,5.titik gempa yang beradap pada koordinT 2, 36 Lintang Utara, 126,74 Bujur timur (146 KM Barat Laut HALMAHERABARAT-MALUT), dengan Kedalaman 10 Km.

Seperti yang sudah dikutip dari akun Twitter Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa gempa yang berada di titik 146 km barat laut Halmahera ini ternyata sama sekali tidak berpotensi tsunami. Berhubungan dengan tsunami yang mengancam warga pesisir tersebut pada 2 januari 2019 bahwa LIPI juga telah menawarkan alat pendeteksi yang dinamakan Laser tsunami sensor. Dan juga sebelumnya alat ini telah diklaim lebih baik dan awet jika dibandingkan dengan menggunakan Buoy (pelampung) yang selama ini telah digunakan untuk mengirimkan ancaman jika tarjadi tsunami.

Terjadi Gempa Bumi 6,5 SR di Laut Lepas Halmahera

Sampai saat ini belum ada laporan ada atau tidaknya korban akibat gempa tersebut. Dan warga juga dihimbau untuk selalu tetap berwaspada, jika sewaktu waktu akan terjadinya gempa susulan, dan sampai saat ini juga belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. Ternyata gempa di Halmahera barat ini merupakan gempa yang kedua kalinya terjadi menghantam Maluku Utara dalam waktu kurang dari 24 jam. Sebelumnya pada siang ,6 januari 2019 Halmahera selatan juga lebih dulu diguncang oleh gempa, dan untungnya tidak berpotensi tsunami juga.

Menurut info yang didapat bahwa pelayanan transportasi laut yang berada di pelabuhan Babang dan Laiwui tetap berjalan normal meskipun dimaluku utara Halmahera selatan terjadi gempa dengan kekuatan 5,2 SR. Dan juga Pelabuhan Babang di Pulau Bacan Kabupaten Halmahera Selatan ini ternyata merupakan pelabuhan yang strategis yang mendukung kelancaran lalu lintas orang dan barang dari dan ke kabupaten tersebut. Hingga saat ini masih terus dilakukan penyeludikan mengenai gempa tersebut dan masih menunggu hasil laporan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *