Penyebab Indonesia Tampil Buruk Pada Babak Pertama Melawan Timor Leste

Penyebab Indonesia Tampil Buruk Pada Babak Pertama Melawan Timor Leste – Timnas Indonesia tidak menunjukkan performa yang mengesankan meski sukses meraih kemenangan 3-1 atas Timor Leste pada laga kedua Grup B Piala AFF 2018. Terutama penampilan di babak pertama.
Dalam pertandingan duel di Stadion Utama Glora Bung Karno (SUGBK), Selasa 13 November 2018, Indonesia tampil tanpa pola yang jelas pada pertandingan babak pertama. Timnas Indonesia bermain kurang lepas dan terkesan terburu-buru mengirimkan bola ke kotak penalti Timor Leste.
Imbasnya, Indonesia gagal mencetak gol di babak pertama. Evan Dimas dkk bahkan sempat dibuat terkejut lantaran Timor Leste mampu mencuri gol di awal babak kedua. Beruntung, mereka berhasil bangkit dan membalas tiga gol lewat kaki Alfath Faathier (’60), Stefano Lilipaly (’69 pen) dan tandukan Alberto ‘Beto’ Goncalves pada menit ke-82.
“Ini menjadi PR (pekerjaan rumah) buat saya karena tadi pemain merasa sedikit beban. Saya ngobrol sama Beto (Alberto Goncalves-red) kalau bisa bikin gol di awal ceritanya akan lain, membuat mereka terkesan sedikit buru-buru,” ujar Bima saat jumpa pers usai laga.

Namun, ia mengakui memberikan instruksi berbeda saat jeda di ruang ganti. Hal itu membuat permainan Indonesia perlahan mulai membaik, terlebih setelah tertinggal lebih dahulu oleh Timor Leste.

“Setelah terjadi gol, mereka bisa bangkit. Saya surprise dengan pemain setelah tertinggal mereka bisa balikkan keadaan. Untuk lawan Thailand harus dibenahi semua, terutama di sektor pertahanan. Tadi ada miskomunikasi dan organisasi yang kurang tepat,” kata Bima.

Kemenangan dari Timor Leste membuat Indonesia mampu memperbaiki posisi di klasemen Grup B Piala AFF. Skuat Garuda menempati posisi kedua dengan torehan tiga poin, tertinggal selisih gol dari Thailand yang baru memainkan satu pertandingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *