Terjadi Gempa Dan Letusan Gunung Berapi Di Selat Sunda

Terjadi Gempa Dan Letusan Gunung Berapi Di Selat Sunda – Gempa bermagnituo 5,3 Yang terasa oleh penduduk pesisir. Bagian selatan kabupaten lebak Banten, pada waktu jam 02.40 WIB, dan tidak ada kekhawatiran dalam aktivitasnya. Orang-orang tetap lelap dalam mimpi tidur walaupun meski geratan gempa tersebut dirasakan hanya beberapa detik saja.

Gempa Dan Letusan terjadi pada dinihari pada hari minggu 14/10/2018. Namum geratan gempa sangat kecil, kata komara sukma erwin seorang penjaga satpam yang bertugas di desa sawarna kecamatan bayah kabupaten lebak.

Pihak Badan Meteorologi, Geofisika (BMKG), dan Klimatalogi mencatat pusat kejadian gempa berada di  105.26 bujur timur, 90,00 Lintang selatan tepatnya berjarak 292 kilometer Barat Daya bagian selatan kabupaten lebak Banten ke arah laut.

Atas peristiwa Gempa Dan Letusan ini, kepala badan penanggulangan bencana di daerah (BPBD) kabupaten lebak Kaprawi memberitahukan tidak adanya kerusakan dan maupun korban jiwa. Tentunya kita berharap jika hal itu tidak akan terjadi pada saudara kita.

Kami hingga sampai saat ini belum ada sama sekali laporan dari pihak relawan kecamatan yang sedang bertugas di wilayah selatan kerusakan yang patal pada warga mapun infrastruktur  lainnya. Kata pak kaprawi.

Terjadi Peristiwa Gempa Dan Letusan Gunung Berapi Di Selat Sunda

Terjadi Gempa Dan Letusan Gunung Berapi Di Selat Sunda

Menurut pak kaprawi, untuk saat ini, warga pesisir selatan yang berlokasi berdekatan dengan terjadinya Gempa Dan Letusan tidak terlalu panik. Karena getaran yang tidak terlalu kuat dan kecil. Kehidupan warga relatif normal dan tidak ada menimbulkan kepanikan dan ketakutan unjarnya.

Gempa tersebut termasuk kecil dan sehingga tidak menimbulkan korban jiwa ataupun kerusakan pada sekitarnnya. Akan tetapi, Pihak Badan Meteorologi, Geofisika (BMKG), dan Klimatalogi meminta warga pesisir selatan tetap waspada dengan gempa susulan. Sehubungan wilayah perairan samudera hindia bahwa terdapat retakan atau patahan gempa.

“Kami meminta pada warga pesisir bagian selatan kabupaten lebak Banten agar tidak panik sewaktu datang gempa susulan yang akan terjadi,” Kaprawi , menjelaskan.

Namun sebelum gempa mengetarkan lebak, Banten, fenomena alam di gunung anak krakatau yang berletak di selat sunda, kabupaten lampung selatan. Gunung itu memperlihatkan aktivitas letusan sebanyak 40 kali.

Menuru pantauan di pos pengamatan, api dan aliran lava pijar yang terjadi pada gunung anak krakatau meletus menuju ke arah selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *