Tips Untuk Mengetahui Bahaya Hipotermia Untuk Kesehatan Tubuh Manusia.

Akhir-akhir ini di Indonesia sering di guyur hujan yang sangatlah besar dari biasanya, bahkan sampai tejadinya angin yang sangat kencang juga. Curahan hujan yang amat tinggi di Indonesia saat ini menyebabkan sejumlah daerahpun mengalami kebanjiran. Salah satunya yang cukup parah mengalami kebanjiran di Gowa, Sulawesi Selatan. Akibat dari bencana tersebut banyaknya penduduk yang meninggal dunia, hilang terbawa arus, bahkan sebagian dari penduduk yang masih hiduppun harus mengungsi. Salah seorang korban meninggal yakni seorang balita yang di duga mengalami hipotermia akibat kedinginan saat menunggu prosesnya evakuasi.

Bencana banjir pun memang sangat rentan dengan adanya penyakit-penyakit yang mengikutinya, contoh seperti flu, diare, juga masalah pernafasan. Akan tetapi belum banyak orang yang mengetahui jika banjir juga menimbulkan penyakit hipotermia. Yang di maksud dengan penyakit hipotermia disini adalah suatu kondisi tubuh yang sedang mengalami penurunan suhu tubuh yang sangat drastis. Seseorang itu akan di sebut hipotermia jika suhu tubuh nya berada di bawah 36 oC.

Adapun hipotermia disini di bagi menjadi berbagai tipe yakni hipotermia berat dan ringan.

Hipotermia yang sangat berat adalah kurang dari 27oC, juga hipotermia sedang adalah suhu tubuh antara 27oC – 33oC, bahkan hipotermia ringan adalah ketika suhu tubuh 33oC – 36oC.

Mengapa dan Kenapa terjadinya hipotermia

Hipotermia akan terjadi jika tubuh kita kehilangan kehangatannya lebih cepat dari kemampuannya menghasilkan panas.
Pada saat kondisi tubuh normal udara yang dingin akan mengaktifkan sistem pengaturan suhu dalam tubuh sehingga suhu tubuhpun akan tetap pada kondisi yang normal.

Berbeda dengan hal kedinginan biasa, hipotermia dapat berakibat yang sangat fatal yaitu kematian.
Berikut adalah komplikasi berbahayanya dari hipotermia.

  • Gangguan pada sistem saraf

Hipotermia dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf contohnya seperti, kejang-kejang, punurunan kesadaran, juga koma.

  • Masalah jantung

Punurunan suhu didalam tubuh juga dapat menyebabkan asupan oksigen kedalam jaringan tubuh kita juga dapar berkurang. yakni adalah salah satu organ vital yang dapat terkena imbasnya adalah jantung.

  • Penurunan tekanan darah dalam tubuh

Jantung adalah alat pemompa darah jika saja jantung terkan imbas dari Hipotermia maka jantung tidak akan bekerja secara optimal, begitu pun dengan tekanan darah yang menurun dengan ketidak optimalan jantung untuk memompanya. Hal inipun akan mengakibatkan organ tubuh lain tidak mendapatkan aliran darah, oksigen, juga nutrisi.

  • Kematian

Inilah dampak yang sangat terburuk dari hipotermia ini. suhu tubuh yang amat sangat rendah terutama pada hipotermia berat yang dapat menyebabkan semua organ pada tubuh manusia berhenti bekerja secara total dan berujung kematian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *